Kamis, 01 Maret 2012

Palsukan Faktur, Pentagon Gelapkan Dana Perang


Global Future Institute 




Pengadilan Amerika Serikat mengumumkan, Departemen Pertahanan (Pentagon) melakukan pemalsuan faktur pembayaran sepuluh kali lipat untuk setiap barang yang dijual ke departemen ini terkait Irak. Aksi ini membuat Pentagon meraih keuntungan sangat besar, namun merugikan negara.

"Mitra Pentagon terkadang menulis faktor barang yang mereka jual kepada departemen ini hingga 128 kali lipat dari harga sebenarnya. Pentagon sendiri kemudian membayar sesuai dengan faktur tersebut." Demikian sesuai dengan laporan Associated Press.

Laporan yang mengutip Stuart Brown, jaksa khusus AS di bidang rekonstruksi Irak menambahkan, perusahaan ANHAM LLC, mitra AS yang berpusat di sekitar Washington mengizinkan anak perusahaannya di Irak untuk menulis faktur setiap pembelian oleh Pentagon beberapa kali lipat dari harga sebenarnya.

Kontrak antara ANHAM LLC dan Pentagon di Irak serta Afghanistan senilai empat miliar dolar. Penyidik kejaksaan AS kini tengah menyelidiki seluruh perincian kontrak tersebut. Ini bukan skandal baru soal penggelapan dana oleh Pentagon di perang di seluruh dunia.

Sebelumnya aksi serupa AS di Afghanistan dan pemanfaatan situasi perang oleh Washington untuk mengumpulkan kekayaan kawasan melalui penggelapan juga terbongkar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar