Kamis, 05 April 2012

Dana Pajak AS Masuk ke Kantong Zionis Israel



Tel Aviv sedang dalam pembicaraan dengan Washington untuk mengamankan anggaran bantuan program rudal multi-tahun dari Amerika Serikat.
Israel juga berusaha untuk memperoleh peningkatan bantuan keuangan dari AS bagi program rudal, koran Jerusalem Post melaporkan pada Rabu (4/4).
"Kami berusaha untuk mencapai kesepakatan multi-tahun dengan AS," kata seorang pejabat senior Israel, mengacu pada dana tambahan yang dialokasikan AS untuk sistem rudal Israel seperti, Arrow dan Iron Dome.
Menurut pejabat Israel, negosiasi mengenai pendanaan baru diharapkan selesai dalam beberapa bulan mendatang.
AS saat ini memberikan Israel sekitar 3 miliar dolar bantuan militer per tahun di bawah nota kesepahaman sepuluh tahunan yang ditandatangani pada 2007.
Permintaan baru Israel sekitar 1 miliar dolar dari AS bertujuan untuk melengkapi kebutuhan-kebutuhan sistem pertahanan rudal, Iron Dome dan mendanai pengembangan sistem rudal lainnya, David Sling yang dibangun untuk mencegah rudal jarak menengah.
Seorang pejabat Israel mengatakan bahwa perundingan tetap dilakukan meskipun AS mengalami kesulitan anggaran.
Menurut laporan yang diterbitkan oleh Pusat Riset Kongres AS, Washington telah memberikan lebih dari 67 miliar dolar bantuan militer kepada Tel Aviv selama ini. Tahun ini saja, AS telah mengalokasikan 3,1 miliar dolar bantuan kepada Israel atau sekitar seperlima dari anggaran militernya.
AS bahkan mengizinkan Angkatan Darat Israel untuk menggunakan cadangan senjata darurat mereka di Israel. Nilai persenjataan yang akan digunakan pada kondisi darurat itu mencapai 1,2 miliar dolar.
Washington tidak pernah bersedia mengurangi bantuan militer tahunan senilai 3 miliar dolar kepada Tel Aviv, meskipun sedang menghadapi resesi terburuk dalam beberapa dekade terakhir. Kondisi ini bahkan telah mendorong AS untuk memberlakukan pemotongan besar pada sebagian besar program pelayanan publik.
Dari sisi lain, jutaan dolar uang pajak warga AS diberikan kepada Israel dalam bentuk bantuan militer dan ekonomi setiap tahunnya. Bantuan itu dijustifikasi sebagai bagian dari paket bantuan luar negeri pemerintah AS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar