Rabu, 13 Juni 2012

Chomsky: Amerika Mewariskan Kekebalan Totalnya Kepada Israel



(IRIB Indonesia/MZ)   
Seorang analis politik terkemuka Amerika menyatakan bahwa Israel akan beraksi dengan melakukan berbagai pelanggaran hukum internasional menyusul para pejabat Zionis adalah klien dari Amerika Serikat dan oleh karena itu mereka menikmati kekebalan total. Demikian dilaporkan Press TV.
"... Itu (Israel) adalah negara klien Amerika Serikat; Amerika Serikat memiliki kekebalan total dan yang diwariskan kepada sekutu dan kliennya," kata filsuf dan ahli linguistik Amerika, Noam Chomsky dalam wawancaranya dengan Press TV Rabu (13/6).
Pernyataan itu dikemukakan Chomsky menyinggung komitmen Presiden AS Barack Obama pada 5 Juni yang kembali menyatakan dukungan tak tergoyahkan Washington terhadap Tel Aviv. Ditambahkannya bahwa jelas Washington lebih perhatian terhadap Israel ketimbang Palestina.

Obama, mengemukakan pernyataannya itu dalam pertemuan antara Kepala Staf Gedung Putih, Jack Lew dan delegasi komunitas Ortodoks Yahudi AS. Bahkan Obama juga meminta audiens untuk tidak meragukan loyalitasnya kepada Israel.

"Seperti itulah kekuatan," tutur Chomsky seraya menegaskan, "Jadi Amerika Serikat tidak mungkin diseret ke pengadilan internasional. Upaya pihak yang ingin melakukannya, akan diabaikan oleh Mahkamah Internasional-AS."

Chomsky lebih lanjut menjelaskan bahwa apa yang dimaksud AS ketika menyinggung masyarakat internasional berbeda dari istilah yang dipahami pada umumnya.

"Ketika istilah (masyarakat internasional) digunakan di Barat, masyarakat internasional mengacu pada Amerika Serikat dan siapa saja yang kebetulan bersamanya. Jika seandainya sebagian besar dunia menentang, maka [menurut Amerika Serikat] mereka bukan bagian dari masyarakat internasional," ungkap Chomsky.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar